Gubsu Minta Direksi Tirtanadi Tingkatkan Pelayanan kepada Pelanggan

Medan, (Analisa). Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho meminta jajaran Direksi PDAM Tirtanadi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pelanggan air bersih di Kota Medan, sekaligus dalam rangka memenuhi target Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015.

Hal tersebut disampaikan Gubsu dalam sambutannya yang dibacakan Sekdaprovsu, Nurdin Lubis saat melepas peserta gerak jalan santai dalam rangka HUT ke-109 PDAM Tirtanadi di halaman Kantor Pusat PDAM Tirtanadi, di Jalan Sisingamangaraja Medan, Minggu (21/9).

Menurut Gubsu, ini sejalan dengan tema HUT ke-109 PDAM Tirtanadi yakni, “Tingkatkan Pelayanan dan Semangat Kerja Menuju PDAM Tirtanadi yang Lebih Maju”. Gubsu juga mengingatkan para direksi dan seluruh jajaran agar meningkatkan kinerja serta meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antara sesama karyawan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Menanggapi permintaan Gubsu tersebut, jajaran direksi diwakili Direktur Administrasi dan Keuangan, H Ahmad Thamrin menyebutkan, seiring dengan pencapaian target pelayanan tahun 2015 (MDGs) yang mampu melayani 80 persen penduduk Kota Medan dan tahun 2020 melayani seluruh penduduk Kota Medan, maka beberapa upaya perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana telah dilakukan pihak perusahaan.

Di antaranya, uprating di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sunggal sebesar 500 liter/detik, pembangunan IPA Martubung kapasitas 200 liter/detik, pembangunan sumur bor di mana saat ini sudah 42 unit yang beroperasi dan pembangunan sumur bor di Jalan Sagu Perumnas Simalingkar dan Helvetia.

457.052 Pelanggan

Dijelaskan, jumlah pelanggan air bersih saat ini sebanyak 457.052 pelanggan yang berada di dua zona pelayanan. Untuk peningkatan pelayanan, pihak PDAM Tirtanadi tidak hanya membangun atau menambah kapasitas produksi namun juga meningkatkan pelayanan kepada pelanggan seperti mengaktifkan Call Center 500444. 

Selain itu, pencatatan meteran air dilakukan melalui telepon seluler berbasis Android sehingga meminimalisir kesalahan dalam pencatatan serta pembayaran online, di mana pelanggan dapat membayar melalui Kantor Pos dan bank.

Menurut Ahmad Thamrin, selain menyediakan air bersih, PDAM Tirtanadi juga dipercaya untuk melakukan pengolahan air limbah Kota Medan. Saat ini pelanggan air limbah telah mencapai 16.200 sambungan rumah.

“Kita juga terus melakukan perbaikan dan kerja sama dengan Pemko Medan dan Kementerian PU untuk penanaman pipa saluran air limbah guna memperluas cakupan pelanggan seluas 1.100 hektare meliputi wilayah Kecamatan Medan Barat, Medan Timur, dan Medan Perjuangan yang selesai tahun 2015, sehingga cakupan pelayanan air limbah bisa menampung 24.000 sambungan rumah,” ujar Ahmad Thamrin.

Ketua Panitia HUT ke-109 PDAM Tirtanadi, Heri Batanghari Nasution melaporkan, pihaknya telah menyelenggarakan berbagai kegiatan olahraga dan bakti sosial. Kegiatan ini sebagai bentuk apreasiasi terhadap keberlangsungan PDAM Tirtanadi yang hingga saat ini sudah melayani 450 ribu pelanggan.

Heri menambahkan, puncak perayaan HUT ke-109 PDAM Tirtanadi adalah kegiatan gerak jalan santai yang diikuti oleh seluruh pegawai dan honorer beserta keluarga, serta menggelar donor darah yang berhasil mengumpulkan130 kantong darah, Minggu (21/9) di Kantor Pusat PDAm Tirtanadi. (zul)

Source: Analisa

Comments

Popular posts from this blog

Hasban Bisa Langsung Start, Sumut Bangkit 'Running Well'

Wagubsu Buka Acara Forum Komunikasi Ekonomi dan Keuangan Regional

Wagub Minta BKPRMI Sumut Kembangkan Ekonomi Syariah